السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Senin, 08 April 2013

Membuat Kue Pancong Betawi

Kue Rangin Kue pancong atau kue rangin merupakan kue nusantara yang terkenal dengan rasanya yang gurih dan manis. Kue pancong lebih dikenal di betawi dan jawa barat sehingga sering disebut kue pancong betawi. Sedangkan di daerah jawa kue pancong betawi ini dikenal dengan nama kue rangin.
Kue ini biasa dijajakan secara keliling oleh para pedagang kue pancong. Harga kue pancong cukup murah dan terjangkau antara 500 sampai 1000 rupiah. Kue Pancong tradisional ini enak dijadikan cemilan santai. Untuk membuat kue pancong biasanya menggunakan tepung beras yang dicampur santan.
Namun ada juga yang membuat kue pancong dengan tepung terigu. Cara membuat kue pancong ini menggunakan cetakan kue pukis dengan bahan yang sederhana dan mudah di dapat. Bagi anda yang ingin membuat kue pancong bisa mencoba resep kue pancong tradisional khas betawi ini.

Bahan Resep Membuat Kue Pancong Betawi :
  1. 250 gram Tepung beras
  2. Daun Pandan sesuai selera
  3. 600 ml Santan cair (1/2 butir kelapa)
  4. 400 ml Santan kental (1/2 butir kelapa)
  5. 50 gram Gula pasir (sebagai taburan)
  6. 250 gram Kelapa parut memanjang
  7. 2 butir Telur ayam (kocok)
  8. Minyak goreng secukupnya (sebagai olesan)
  9. Garam, secukupnya
Cara membuat Kue Pancong betawi :
  • Campurkan tepung beras sebanyak 100g serta santan kental jadi satu dan aduk rata.
  • Masukan daun pandan dan masak campuran santan dengan api yang sedang sambil diaduk sampai adonan menjadi kental. Angkat santan dan sisihkan.
  • Masukan sisa tepung beras(150g) dan campurkan parutan kelapa,serta garam secukupnya, aduk kembali sampai tercampur rata.
  • Tambahkan teur ayam dan santan cair kedalamnya, aduk rata kembali.
  • Siapkan cetakan kue pancong olesi dengan minyak dan panaskan.
  • Tuangkan adonan kue pancong sampai 3/4 cetakan tingginya. Masak dengan api kecil agar matang merata. Angkat dan siap disajikan, jangan lupa taburan gula pasir diatasnya. Untuk 30 buah 
Demikian cara membuat kue pancong betawi salah satu kue basah khas nusantara. Semoga resep ini bisa bermanfaat, silakan mencobanya dirumah.
Sumber :  http://www.masakkue.com/2012/08/Membuat-Kue-Pancong-Betawi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar